Bio-Printer 3D Organ Tubuh Manusia

Bio-Printer 3D alat cetak organ tubuh manusiaBio-Printer 3D alat cetak organ tubuh manusia dierkirakan akan menjadi sebuah teknologi yang sangat luar bisa dalam beberapa dekade ke depan, para dokter khususnya dokter bedah mungkin dapat mencetak langsung sebuah organ tubuh manusia baru untuk pasien transplantasi menggunakan 3D Bioprinter khusus tersebut.


Dengan menggunakan teknologi ini kemungkinan para dokter suatu hari nanti dapat mencetak bagian-bagian tubuh yang hidup pada seorang manusia, khususnya untuk kebutuhan operasi, termasuk pembuluh darah dan seluruh organ. Teknik yang cukup mengejutkan dunia ini dikenal sebagai (bio-printer) bio-cetak dan bisa membuat daftar transplantasi sesuatu dari masa lalu.

Jika selama ini seorang pasien pasien transplantasi harus rela menunggu bertahun-tahun untuk menunggu organ jadi yang tersedia sehingga banyak dari mereka tidak sempat menjalani operasi transplantasi tersebut akibat beratnya kondisi yang diderita, maka diharapkan hal itu tidak perlu terjadi lagi menggunakan teknologi Bioprinter 3D.

Bioprinter diakui saat ini telah mampu menghasilkan arteri hidup sehingga dokter optimis bahwa dalam satu dekade akan mampu membuat pengganti organ lain seperti hati, gigi dan organ tubuh manusia lainnya.